Jumat, 24 Mei 2013

ARTIKEL MANAJEMEN – MANAJEMEN PEMASARAN

ARTIKEL MANAJEMEN – MANAJEMEN PEMASARAN
http://ekonomimenejemen.blogspot.com/


Tips Konsep Manajemen Pemasaran

Dalam Dunia bisnis laksana magnet yang menarik khalayak untuk melirik dan mengenalinya lebih jauh. Bisnis merupakan suatu aktivitas yang menawarkan jasa ataumenjual barang kepada konsumen, dengan perolehan laba. Laba, di sanalah kita menaruh harapan guna penghasilan yang lebih baik.

Yang harus kita pahami bahwa Bisnis tak hanya berbicara untung-rugi, kreativitas pikir dan memanfaatkan peluang merupakan faktor penentu keberhasilan langkah Anda. Idealnya, aktivitas bisnis haruslah mendatangkan keuntungan. Usaha, waktu, dan hasil berpikir Anda layak dihargai dgn kepuasan laba yang didapat.

Sebuah bisnis tak bisa lepas dari sebuah manajemen, dan Manajemen yang diterapkan pun akan mempengaruhi laju bisnis yang tengah ditapaki. Dengan sebuah manajemen, bisnis akan lebih efektif dan efisien. Seperti manajemen pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, operasi, strategi, intelejen bisnis, teknologi informasi serta manajemen produksi. Dalam pengklasifikasiannya, anda dapat menyelami bisnis dengan berbagai aktivitasnya.


Manajemen pemasaran
Manajemen pemasaran adalah bidang manajemen yang melakukan kegiatan analisis, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membentuk dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dgn menguntungkan pembeli sebagai sasaranuntuk mencapai tujuan perusahaan.

Konsep manajemen pemasaran ada dua yakni :
 1.   Konsep manajemen pemasaran (the marketing concept). Merupakan orientasi bahwa tugas pokok perusahaan adalah menentukan kebutuhan,keinginandan penilaian pasar yang menjadi sasaran kemudian menyesuaikan sedemikian rupa kegiatan perusahaan agar dapat menyampaikan kepuasan yang diinginkan pasar secara lebih berdaya gunaserta berhasil guna dibandingkan pesaingnya. Dalam konsep pemasaran,volume penjualan yang menguntungkan memang menjadi tujuannya. Akan tetapi laba yang diperoleh dari volume penjualan itu harus didapat dengan mendapat juga kepuasan dari konsumen.
2.    Konsep penjualan ( the selling concept)Mementingkan saja volume penjualan dan keuntungan tanpa pernah berpikir tentang kepuasan dari para konsumennya.

Berikut Ruang Lingkup Kegiatan Manajemen Pemasaran Meliputi :

1) Pembelian (buying).
2) Pemilihan (grading).
3) Pengangkutan (transportation).
4) Pembungkusan (packing)
5) Penggudangan (storage)
6) Pembelanjaan ( financing).
7) Periklanan (advertising).
8) Penjualan (Selling).

PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN

A.   Pengertian Pemasaran
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial danmanagerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkandan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

d. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikanbarang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.


B.   Konsep Pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi,utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatukeadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam.Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengankemampuan dan kesediaan untuk membelinya.


C.   Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut  Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, danmemelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan. 

Jadi dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, danmempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan - tujuan organisasi.
 1.   Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiridari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasaan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing. 

Konsep pemasaran yang telah diungkapkan dengan berbagai cara:
1. Temukan keinginan pasar dan penuhilah.
2. Buatlah apa yang dapat dijual dan jangan berusaha menjual apa yang dapat dibuat.
3. Cintailah pelanggan, bukan produk anda.
4. Lakukanlah menurut cara anda (Burger king)
5. Andalah yang menentukan (United Airlines)
6.  Melakukan segalanya dalam batas kemampuan untuk menghargai uang pelanggan yang  sarat dengan nilai, mutu dan kepuasan (JC. Penney). 

Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.

1.  Konsep produksi Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersediadimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi denganmengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karenakonsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya belimereka.

2. Konsep produk  Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkanmutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat  produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri ± ciri terbaik 

3. Konsep penjualan Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasiharus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.

4.  Konsep pemasaran Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunsi untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

5.  Konsep pemasaran sosial  Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukankebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetapmelestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

6.  Konsep Pemasaran Global  Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.


A.  Pengertian Sistem Pemasaran

Sistem adalah sekolompok item atau bagian-bagia yang saling berhubungan dan saling berkaitan secara tetap dalam membentuk satu kesatuan terpadu. Jadi dapat diartikan sistem pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran barang, jasa,ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk  serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.

Dalam pemasaran kelompok item yang saling berhubungan dan saling berkaitan itu mencakup :
1.  Gabungan organisasi yang melaksanakan kerja pemasaran.
2.  Produk, jasa, gagasan atau manusia yang dipasarkan.
3.  Target pasar.
4.  Perantara (pengecer, grosir, agen transportasi, lembaga keuangan).
5. Kendala lingkungan (environmental constraints).

Sistem pemasaran yang paling sederhana terdiri dari dua unsur yang saling berkaitan, yaitu organisasi pemasaran dan target pasarnmya. Unsur-unsur dalam sebuah sistem pemasaran serupa dengan unsur-unsur yang ada pada sistem radio stereo. Bekerja secaraterpisah, tetapi pada waktu dipertemukan secara tepat.

B. Macam - Macam Sistem Pemasaran

a. Sistem pemasaran dengan saluran vertikal  
Pada sistem ini produsen, grosir, dan pengecer bertindak dalam satu keterpaduan.

Tujuan : 
§ Mengendalikan perilaku saluran 
§ Mencegah perselisihan antara anggota saluran

b. Sistem pemasaran dengan saluran horizontal  
Pada sistem ini, ada suatu kerjasama antara dua atau lebih perusahaan yang bergabung untuk memanfaatkan peluang pemasaran yang muncul.

c. Sistem pemasaran dengan saluran ganda 
Pada sistem ini beberapa gaya pengeceran dengan pengaturan fungsi distribusi dan manajemendigabungkan, kemudian dari belakang dipimpin secara sentral.

C. Lingkungan Sebuah Sistem Pemasaran

a. Lingkungan makro ekstern. 
Lingkungan makro tersebut ialah :
a.    Demografi (kependudukan).
b.    Kondisi ekonomi.
c.    Teknologi.
d.    Kekuatan sosial dan budaya.
e.    Kekuatan politik dan legal. 
f.     Persaingan.
b. Lingkungan mikro eksternal
a.     Pasar (market)
b.    Pemasok 
c.     Pialang (marketing intermediaries)

c. Lingkungan Non - Pemasaran Intern 
     Kekuatan non - pemasaran lainnya adalah lokasi perusahaan, ketangguhanbagian penelitian dan pengembangan. Kekuatan intern bersifat menyatu (interest) dalamorganisasi dan dikendalikan oleh manajemen.

A. Pengertian Strategi Pemasaran
                          
Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran,bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :
1. Daur hidup produk Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
2. Posisi persaingan perusahaan di pasar Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakahmemimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
3.  Situasi ekonomiStrategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan,apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.

B. Macam-Macam Strategi Pemasaran

Macam strategi pemasaran diantaranya:
1. Strategi kebutuhan primer 
Strategi-strategi pemasaran untuk merancang kebutuah primer yaitu:
1. Menambah jumlah pemakai dan
2. Meningkatkan jumlah pembeli.
 
2. Strategi Kebutuhan Selektif 
Yaitu dengan cara :
a. Mempertahankan pelanggan misalnya:
     1. Memelihara kepuasan pelanggan;
     2. Menyederhanakan proses pembelian;
     3.  Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk;
b. Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)
     1. Mengambil posisi berhadapan (head - to heas positioning)
     2. Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)

Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu :
1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
2. Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
4. Merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru.

C. Segmentasi Pasar 

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok  pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Atau segmentasi pasar bisa diartikan segmentasi pasar adalah proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisia perbedaan antara pembeli di pasar.

1. Dasar-dasar dalam penetapan Segmentasi Pasar 
     Dalam penetapan segmentasi pasar ada beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu:
1. Dasar - dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen
a.  Variabel geografi, diantaranya : wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
b. Variabel demografi, diantaranya : umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan,dll 
c. Variabel psikologis, diantaranya : kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
d. Variabel perilaku pembeli, diantaranya : manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat  pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.

2. Dasar - dasar segmentasi pada pasar industri
a. Tahap 1 : menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemakai akhir, lokasi geografis, danbanyaknya langganan.
b. Tahap 2 : yaitu sikap terhadap penjual, ciri - ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.

2. Syarat segmentasi Pasar 
Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif yaitu :
a.  Dapat diukur 
b.  Dapat dicapai
c. Cukup besar atau cukup menguntungkan
d.  Dapat dibedakan
e. Dapat dilaksanakan

3. Tingkat Segmentasi Pasar 
Karena pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapatingkat yang berbeda.
a.  Pemasaran massal  
     Pemasaran massal berfokus pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk  produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
b.  Pemasaran segmen 
     Pemasarn segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
c. Pemasaran ceruk
     Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus pada sub group didalam segmen-segmen. Suatuceruk adalah suatu group yang didefiniskan dengan lebih sempit.


d. Pemasaran mikro 
     Praktek penyesuaian produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu ataulokasi tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaranindividu.

4. Manfaat Segmentasi Pasar 
Sedangakan manfaat dari segmentasi pasar adalah:
a.  Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-kesempatan pemasaran.
b.  Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat padaberbagai segmen.
c.  Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya

D. Menentukan Pasar Sasaran

       Langkah-langkah dalam menetukan pasar sasaran yaitu :
1.  Langkah pertama Menghitung dan menilai potensi keuntungan dari berbagai segmen yang ada
2. Langkah kedua Mencatat hasil penjualan tahun lalu dan memperkirakan untuk tahun yang akan datang.


Proses Pengambilan Keputusan Pembeli               

a.  Proses Pengambilan Keputusan Pembeli Terhadap produk Baru
Sebuah produk baru adalah barang, jasa, atau ide yang dianggap baru oleh pembeli potensial. Terkadang produk yang beredar dipasaran telah lama ada, disini konsumen dapat membuat keputusan untuk menerima / mengadopsinya. Proses adopsi adalah proses mental  yang dilalui seseorang, mulai dari pengenalan pertama sampai pada penerimaan / adopsi final.

Tahap-tahap proses adopsi :
1.  Sadar : konsumen menjadi sadar akan adanya produk baru, tetapi kekurangan informasi mengenainya.
2.  Tertarik : konsumen akan menjadoi tertarik untuk mencari informasi mengenai produk baru.
3.  Evalusi : konsumen harus mempertimbangkan apakah produk baru tersebut masuk akal atau tidak untuk dikonsumsi.
4.  Mencoba : konsumen mencoba produk baru tersebut dalam skala kecil untuk meningkatkan perkiraan nilai produk tersebut.
5.  Adopsi : konsumen memutuskan secara penuh dan teratur menggunakan produk baru tersebut.





b.  Tipe-Tipe Perilaku Membeli 
     Ada empat tipe perilaku membeli, yaitu :

a. Perilaku pembelian yang kompleks 
     Disini konsumen mengakui keterikatan yang tinggi dalam proses pembeliannya, harga produk tinggi, jarang dibeli, memiliki resiko yang tinggi. Perilaku konsumen melalui proses tigalangkah, yaitu: pertama, mengembangkan keyakinan tentang produk tersebut. Kedua,membangun sikap, dan ketiga melakukan pilihan.

b.  Perilaku pembelian yang mengurangi ketidakefisienan 
     Disini konsumen mengalami keterlibatan tinggi akan tetapi melihat sedikit perbedaan, diantara merek-merek. Konsumen mengunjungi beberapa tempat untuk mencari yang lebih cocok :
a.    Perilaku pembelian karena kebiasaan 
       Disini konsumen rendah sekali dalam proses pembelian karena tidak ada perbedaannyata diantara berbagai merek dan harga barang relatif rendah

b.    Perilaku pembelian yang mencari keragaman 
       Disini keterlibatan konsumen yang rendah akan dihadapkan pada berbagai pemilihan merek.

c.  Tahap-Tahap Proses Membeli
     Tahap-tahap dalam proses membeli meliputi :
     a.    Pengenalan kebutuhan/masalah
            Disini orang yang akan memasarkan produk meneliti mengenai apa yangdibutuhkan, apa yang menyebabkan semua itu muncul dan mengapa seseorang membutuhkan sesuatu. Seorang  pemasar akan mengenalkan pada konsumen agar lebih tertarik.

     b.    Pencarian informasi
            Sumber informasi konsumen terbagi dalam empat kelompok, yaitu :
            1. Sumber pribadi, meliputi: keluarga, teman-teman, tetangga, dan kenalan.
2.  Sumber niaga, meliputi : periklanan, petugas penjualan, penjual kemasan dan pemajangan.
            3. Sumber umum, meliputi : media massa dan organisasi konsumen.
4.  Sumber pengalaman, meliputi: pernah menangani, menguji, dan mempergunakan produk.

     c.    Pencarian alternatif
            Terdapat lima konsep dasar bagi pemasar dalam penilaian alternatif konsumen, yaitu :
1.  Sifat-sifat produk, apa yang menjadi ciri-ciri khusus dan perhatian konsumen terhadap produk atau jasa tersebut.
              2.  Pemasar lebih memperhatikan pentingnya ciri-ciri produk daripada penonjolan Ciri-ciri produk.
            3.  Kepercayaan konsumen terhadap ciri merek yang menonjol 
            4.  Fungsi kemanfaatan, yaitu bagaimana konsumen mengharapkan kepuasan yang diperoleh dari produk dengan tingkat alternatif yang berbeda-beda setiap hari
                 5.  Bagaimana prosedur penilaian yang dilakukan konsumen dari sekian banyak ciri-ciri barang.

d.    Keputusan membeli Ada dua faktor yang menyebabkan seseorang mengambil keputusan untuk membeli, yaitu :
1.  Sikap orang lain : keputusan membeli itu banyak dipengaruhi oleh teman-teman,tetangga, atau siapa saja yang dipercayai.
2.  Faktor-faktor situasi yang tidak terduga : seperti faktor harga pendapatan.

 
Pemasaran Jasa Tidak Cukup Dengan 4P

Kata 4 P (Product, Price, Promotion, Place) mungkin manjadi kata yang paling sering didengar atau diucapkan oleh mahasiswa atau siapapun yang bergelut di dunia marketing. Dalam sektor industri jasa 4 P ini atau disebut juga pemasaran eksternal tidak kuat perannya bila tidak ditunjang oleh strategi pemasaran lainnya.Menurut Kotler, pemasaran jasa tidak saja memerlukan pemasaran tradisional 4P (pemasaraneksternal), tetapi juga dua strategi pemasaran lainnya, yaitu pemasaran internal dan pemasaran interaktif.

Pemasaran eksternal
menggambarkan kerja normal yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempersiapkan, menentukan harga, mendistribusikan, dan mempromosikan jasa tersebut kepadakonsumen.

Pemasaran internal
menggambarkan pekerjaan yang dilakukan perusahaan untuk melatih danmendorong pelanggan internalnya, yaitu karyawan penghubung pelanggan dan karyawan pendukung pelayanan untuk bekerja sebagai sebuah tim agar dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Pemasaran interaktif 
menjelaskan keahlian karyawan dalam menangani hubungan pelanggan.Dalam pemasaran jasa, mutu pelayanan ditentukan oleh yang melakukan pelayanan. Konsumenyang menikmati jasa dan menilai mutu jasa tidak saja dari sudut pandang mutu teknisnya, tapi juga didasarkan atas mutu fungsionalnya.


Rangkuman atau Tanggapan Penulis :
Manajemen Pemasaran sangat penting bagi setiap perusahaan dalam memasarkan produk yang perusahaan jalankan baik produk maupun jasa. Ruang Lingkup di dalam Manajemen Pemasaran
banyak yakni adanya pembelian, Pemilihan, Pengangkutan (transportation), Pembungkusan (packing), Penggudangan (storage), Pembelanjaan ( financing), Periklanan (advertising) dan Penjualan (Selling).
Dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, danmempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan - tujuan organisasi.
http://ekonomimenejemen.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar